FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BROILER DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA BENGKULU

Irawan, Utarie Septiani and Suherman, Dadang and Setianto, Johan (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BROILER DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Tesis)
SKRIPSI UTARIE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi, juga ikut mempengaruhi peningkatan jumlah permintaan serta kebutuhan akan bahan makanan yang memiliki nilai protein yang tinggi. Salah satu bahan makanan yang mengandung protein hewani berasal dari ayam yaitu berupa daging. Pasar tradisional yang tersebar di setiap daerah di Kota Bengkulu dapat dipastikan terdapat penjual yang menawarkan daging ayam broiler atau yang lebih dikenal masyarakat dengan daging ayam potong. Selain di pasar tradisional, daging ayam broiler juga tersedia di pasar modern (Supermarket) yang ada di Kota Bengkulu. Berbagai dasar pertimbangan yang menjadi alasan konsumen melakukan pembelian di pasar tradisional dan pasar modern, karena adanya perbedaan latar belakang seperti tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jumlah anggota keluarga, umur, selera dan harga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian broiler di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah responden yang terdapat pada pasar tradisional dan pasar modern masing-masing adalah 30 responden. Variabel yang diamati pada penelitian ini meliputi umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, jumlah keluarga, selera, jangka waktu pemebelian dan jumlah pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian daging ayam broiler di pasar tradisional kota Bengkulu tidak dipengaruhi oleh variabel umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, selera dan jangka waktu pembelian dengan dasar melakukan tawar menawar serta lokasi yang dekat. Keputusan pembelian daging ayam broiler di pasar modern kota Bengkulu dipengaruhi oleh selera dengan dasar berbelanja kebutuhan lainnya. (Program Studi Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:53
Last Modified: 23 Oct 2017 04:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13134

Actions (login required)

View Item View Item