KARAKTERISTIK KIMIA DARI LIMBAH PADAT CRUMB RUBBER SETELAH PENGOMPOSAN ALAMI DI PABRIK PTPN VII UNIT PADANG PELAWI KABUPATEN SELUMA

Iskandar, Annisa and Hasan, Basri Daulay and Marniza, Marniza (2017) KARAKTERISTIK KIMIA DARI LIMBAH PADAT CRUMB RUBBER SETELAH PENGOMPOSAN ALAMI DI PABRIK PTPN VII UNIT PADANG PELAWI KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Skripsi)
ANNISA ISKANDAR (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Limbah padat crumb rubber yaitu limbah yang berasal dari hasil sisa proses produksi berupa tatal-tatal kayu, kulit kayu, daun-daun yang tercampur saat penyadapan, tanah dan pasir. Limbah padat hasil sisa proses produksi yang sudah mengalami pengomposan secara alami ini sering dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk dijadikan sebagai media tanaman dan digunakan perusahaan sebagai bahan baku untuk pembibitan karet. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui karakteristik kimia limbah padat crumb rubber dari beberapa kriteria umur limbah serta untuk mengetahui kriteria umur limbah padat crumb rubber yang menghasilkan kompos sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Dalam penelitian ini sampel yang digunakan yaitu berupa limbah padat crumb rubber, metode penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel sebanyak tiga kali pengulangan dari masing-masing tumpukan limbah padat crumb rubber yaitu limbah dengan tumpukan lama (limbah tahun 1991-2007), limbah sedang (limbah tahun 20112016) dan limbah yang baru dikeruk dari kolam pra rubber trap dan rubber trap. Variabel yang diamati yaitu C-Organik, N-Total, Kadar Air dan pH, serta menentukan nilai C/N dari limbah padat tersebut. Data hasil dari setiap pengukuran kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan grafik, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semua kriteria umur limbah untuk kadar nitrogen memenuhi standar kualitas kompos sesuai dengan SNI, pada kadar C-organik dan kadar air yang memenuhi standar SNI hanya pada kriteria umur sedang dan lama, sedangkan untuk nilai pH dan rasio C/N hanya pada kriteria umur lama yang memenuhi kriteria kualitas kompos menururt SNI. Karakteristik limbah padat Crumb Rubber yang menghasilkan kompos sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu limbah dengan tumpukan lama yaitu limbah tahun 1991-2007. Karakteristik kimia yang dihasilkan adalah C-organik 16,20%, nitrogen 1,18%, Kadar air 44,22%, pH 6,84 dan C/N 13,72.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 23 Oct 2017 05:04
Last Modified: 23 Oct 2017 05:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item