PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD SWASTA KOTA BENGKULU

Putri, Nina Ader and Dalifa, Dalifa and v, karjyati (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD SWASTA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Nina Ade Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Wrire (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Swasta Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching OnlyPretest-Posttest Control Group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dari 35SD Swasta Kota Bengkulu yang menerapkan Kurikulum 2013 dan terakreditasi A. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas IV SDIT Iqra’ 1 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol, dan kelas V SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis sebagai hasil yang berjumlah 4 butir soal dalam bentuk soal uraian dan lembar penilaian observasi untuk berpikir kritis sebagai hasil. Hasil persentase kemampuan berpikir kritis sebagai proses menunjukkan hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dari hasil persentase yang diperoleh yaitu pada kategori sangat baik 43,25%, kategori baik 55% dan kategori cukup 1,75%Hasil uji-t posstest skor didapatkan thitungMapel IPA sebesar 2,925 ttabel sebesar 1,673dan thitungMapel Bahasa Indonesia sebesar 1,948>t-tabel sebesar 1,673artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SD Swasta Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Think Talk Write(TTW), dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:19
Last Modified: 14 Jul 2023 04:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13140

Actions (login required)

View Item View Item