PERANCANGAN ADJUSTABLE VOLTAGE POWER SUPPLY DENGAN SISTEM BUCK-BOOST CONVERTER MENGGUNAKAN METODE PULSE WIDTH MODULATION (PWM)

RAHMAYENI, SRI and Rosa, Khairul Amri and Afriyastuti, Herawati (2022) PERANCANGAN ADJUSTABLE VOLTAGE POWER SUPPLY DENGAN SISTEM BUCK-BOOST CONVERTER MENGGUNAKAN METODE PULSE WIDTH MODULATION (PWM). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI (Sri Rahmayeni).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kebutuhan catu daya DC (direct current) terus meningkat, jadi dibutuhkan sistem yang mampu mengubah tegangan DC dari suatu besaran ke besaran lainnya. Buck-boost converter merupakan konverter DC-DC yang dapat divariasikan tegangan keluarannya menjadi lebih besar atau lebih kecil dari tegangan masukannya. Untuk mengatur nilai tegangan keluaran pada buck-boost converter menggunakan metode pulse width modulation (PWM). Penelitian ini menggunakan topologi switching regulated karena memiliki kelebihan efisiensi yang tinggi dan lebih ekonomis, sedangkan kontrol PWM menggunakan IC TL 494 dengan rangkaian kontrol PWM yang dirancang secara analog. Tujuan penelitian adalah terciptanya ajustable voltage power supply dengan sistem buck-boost converter menggunakan metode PWM yang mampu menghasilkan tegangan keluaran yang dapat diatur lebih besar atau lebih kecil dari sumber 12 Volt. Pada penelitian ini dihasilkan konverter yang menghasilkan tegangan keluaran 0–66 Volt dengan duty cycle 0-34% saat driver gate terpasang secara push-pull. Dari hasil pengujian dengan beban resistif diperoleh konverter memiliki efisiensi tertinggi 94% pada saat hambatan 30 Ω pada tegangan 10 Volt dengan daya sebesar 3,136 Watt dan untuk nilai efisiensi terendah yaitu 64% saat hambatan 10 Ω pada tegangan 40 Volt di mana daya yang dihasilkan 99,9 Watt . Konverter ini memiliki rata-rata drop tegangan sebesar 7%. Kata Kunci : Buck-boost Converter , MOSFET , Voltage Power Supply

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:40
Last Modified: 01 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item