PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SIAGA BENCANA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD NEGERI KOTA BENGKULU

Izzania, Rizqa Dwi Shofiya Maghfira and Winarni, Endang Widi and Neza, Agusdianita (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SIAGA BENCANA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RIZQA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning pada materi siaga bencana terhadap kemampuan literasi sains siswa Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitiankuantitatif dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 01, SDN 04, SDN 08, dan SDN 11. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random samplingsehingga diperoleh kelas IVB SD Negeri 08 Kota Bengkulu (kelas eksperimen)dan kelas IVA SD Negeri Kota Bengkulu (kelas kontrol). Ujicoba instrumen dilakukan pada kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket komponen sikap saintifik yang berjumlah 15 soal, lembar tes komponen konteks berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 10 soal, lembat tes komponen pengetahuan berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 10 soal, dan lembar observasi komponen kompetensi. Hasil perhitungan uji t-testgain skor pada komponen sikap saintifik didapatkan nilai thitung sebesar 5,73 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,673, pada komponen konteksdidapatkan nilai thitung sebesar 4,48 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,673, komponen pengetahuan didapatkan nilai thitung sebesar 4,78 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,673, dan pada komponen kompetensi pada kelas eksperimen kriteria sangat baik sebesar 57%, kriteria baik sebesar 43 % sedangkan pada kelas kontrol kriteria sangat baik sebesar 35,7%, kriteria baik 53,6%, kriteria cukup 10,7%. Berdasarkan hasil literasi sains secra keseluruhan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang ditunjukkan dengan pencapaian persentase pada kelas eksperimen sebesar 73,32% dan pada kelas kontrol sebesar 60,36%,artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learningterhadap kemampuan literasi sains siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning pada materi Siaga Bencanaterhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Kata kunci: ModelProblem Based Learning, Siaga Bencana, Kemampuan Literasi Sains

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:20
Last Modified: 14 Jul 2023 07:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13161

Actions (login required)

View Item View Item