SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TERINTEGRASI MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE PROMETHEE II DAN CRITIC UNTUK PERANKINGAN MAHASISWA YANG BERISIKO DROP OUT (STUDI KASUS : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU)

Ramadani, Deni and Coastera, Funny Farady and Mochammad, Yusa (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TERINTEGRASI MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE PROMETHEE II DAN CRITIC UNTUK PERANKINGAN MAHASISWA YANG BERISIKO DROP OUT (STUDI KASUS : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
INFORMATIKA_G1A017017_DENI RAMADANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Drop Out (DO) atau pemberhentian mahasiswa merupakan momok yang menakutkan bagi aspek - aspek pada dunia perguruan tinggi. karena dapat menyebabkan turunnya akreditasi dari pihak perguruan tinggi baik itu tingkat program studi, jurusan, fakultas hingga perguruan tinggi. Angka drop out pada perguruan tinggi dapat dikurangi dengan kebijakan yang mengarahkan pada pencegahan mahasiswa drop out. Upaya pencegahan bisa dikerjakan dengan pengenalan atau deteksi dini atas mahasiswa dengan kriteria – kriteria tertentu yang terdapat pada sebuah perguruan tinggi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu menemukan Mahasiswa yang berisiko drop out dengan dirankingkan dengan kriteria - kriteria tertentu menggunakan metode Promethee II dan metode pembobotan CRITIC terhadap kriteria-kriteria risiko drop out mahasiswa. Output dari penelitian ini adalah perangkingan mahasiswa berisiko drop out dari seluruh mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas Bengkulu Angkatan 2015-2020 yang berjumlah 2054 mahasiswa yang kemudian mendapat hasil berupa nilai presisi sebesar 86,83%, recall 86,83%, akurasi sebesar 95,42%, dan rerata kesalahan hanya 4,58%. Kata Kunci : Drop Out, Sistem Pendukung Keputusan, Promethee II, CRITIC.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:40
Last Modified: 01 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item View Item