IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN INTERPOLASI LINIER PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI PROVINSI BENGKULU

Azandi, Farjun and Efendi, Rusdi and Desi, Andreswari (2022) IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN INTERPOLASI LINIER PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Farjun Azandi (G1A017025).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Sektor pertanian mempunyai peranan yang cukup penting dalam kegiatan perekenomian di Provinsi Bengkulu, karena merupakan mata pencarian sebagian besar masyarakat di Provinsi Bengkulu. Pada sub sektor perkebunan di Provinsi Bengkulu terdapat beberapa komoditi unggulan yakni salah satunya adalah kakao. Namun dalam beberapa tahun terakhir terjadi penurunan tingkat produktivitas kakao di Provinsi Bengkulu. Hal ini dikarenakan salah satunya adalah pemanfaatan lahan yang tidak sesuai dengan daya dukung lahan yang berdampak pada tingkat produktivitas lahan dan bahkan dapat menimbulkan kerusakan lahan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu menentukan tingkat kesesuaian lahan tanaman kakao di Provinsi Bengkulu. Pada penelitian ini menggunakan metode AHP dan Interpolasi Linier. Keluaran dari penelitian ini adalah perangkingan tingkat kesesuaian lahan tanaman kakao yang ada di 36 kecamatan di 7 kabupaten yang tersebar di Provinsi Bengkulu yakni Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur dan Bengkulu Utara. Hasil yang diperoleh adalah perbandingan dari masing-masing nilai preferensi alternatif didapatkan ranking tertinggi hingga terendah. Berdasarkan hasil perhitungan, terdapat 30 dari 36 lahan kakao yang sesuai untuk lahan tanaman kakao di Provinsi Bengkulu dengan tingkat akurasi sebesar 83.33%. Kata Kunci : Kakao, Sistem Pendukung Keputusann, AHP, Interpolasi Linier.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:41
Last Modified: 01 Aug 2023 04:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item View Item