PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN TOGAF ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD VERSI 9 (STUDI KASUS LPTIK UNIVERSITAS BENGKULU)

fajri, Muhammad Qorry Al and Erlansari, Aan and Ruvita, Faurina (2022) PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN TOGAF ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD VERSI 9 (STUDI KASUS LPTIK UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Muhammad Qorry Alfajri G1F017034.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Enterprise architecture (EA) merupakan pendekatan paling tepat dan kompleks dalam pengelolaan struktur organisasi, proses bisnis, data dan teknologi informasi. EA merupakan kerangka yang digunakan untuk meningkatkan keselarasaan TI dalam perkembangan dan kebutuhan proses bisnis. EA dapat membantu menerjemahkan visi dan strategi suatu lembaga atau perguruan tinggi untuk melalukan perbaikan yang lebih efektif. Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) adalah suatu lembaga yang mencangkup seluruh akses dan koordinasi dari semua kegiatan yang terdapat teknologi dan komunikasi pada setiap selingkung Universitas Bengkulu. LPTIK memiliki masalah internal seperti kurang Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang Programmer sehingga permasalahan pembaharuan memiliki kendala untuk melakukan pembaharuan dan perkembangan sistem informasi. Berdasarkan permasalahan dan fakta yang telah disebutkan dan dijelaskan diatas, Penelitian tentang perancangan EA menggunakan framework TOGAF ADM untuk meningkatkan pemanfaatan sistem infromasi dan teknologi infromasi serta menghasilkan blueprint yang dapat meningkatan bisnis perusahaan dalam pengembangan selanjutnya. Berdasarkan hasil pembahasan pada penelitian ini yang telah dilakukan, dapat dambil kesimpulan penelitian ini mengasilkan blueprint (cetak biru) berdasarkan dari arsitektur utama pada TOGAF, yaitu arsitektur bisnis, arsitektur aplikasi, arsitektur data dan arsitektur teknologi. Kata Kunci: Blueprint, Enterprise Architecture, LPTIK, Perancangan, SI/TI, TOGAF

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:41
Last Modified: 01 Aug 2023 04:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item