PENERAPAN ALGORITMA WINNOWING PADA SISTEM PENGELOLAAN KERJA PRAKTIK DENGAN PENDEKATAN HUMAN-CENTERED DESIGN (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI S-1 INFORMATIKA UNIVERSITAS BENGKULU)

PUTRA, RIZKY AMANAH and Erlansari, Aan and Ferzha, Putra Utama (2022) PENERAPAN ALGORITMA WINNOWING PADA SISTEM PENGELOLAAN KERJA PRAKTIK DENGAN PENDEKATAN HUMAN-CENTERED DESIGN (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI S-1 INFORMATIKA UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Rizky Amanah Putra_G1A017038.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (26MB)

Abstract

Kerja Praktik (KP) merupakan mata kuliah wajib yang berbasis praktik lapangan dengan bobot 3 sks dilakukan secara mandiri dan harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Bengkulu sebagai salah satu syarat untuk mengambil mata kuliah Skripsi. Pengelolaan kerja praktik selama ini dilakukan secara manual yang memiliki keterbatasan dalam mengetahui tingkat kesamaan kerja praktik yang diajukan oleh mahasiswa dengan yang sudah ada sebelumnya. Sistem ini menerapkan algoritma Winnowing untuk membantu mengetahui tingkat kesamaan judul, lokasi, dan uraian singkat KP dengan menggunakan metode Human Centered Design agar memenuhi kebutuhan UI/UX pengguna nantinya. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework codeigniter 3 dan perancangan sistem dengan Unified Modeling Language (UML). Pengujian fungsional sistem telah dilakukan menggunakan pengujian black box dan menghasilkan nilai 100% dari 93 skenario, untuk mengukur kualitas sistem, dilakukan heuristic evaluation yang dilakukan oleh 5 responden dan menghasilkan total rata-rata skor keseluruhan 80,8% (sangat baik). Pengujian algoritma winnowing menghasilkan nilai persentase tingkat kesamaan pada sample data judul kerja praktik yang diambil berkisar 3,92-16,67% yang membuktikan nilai tingkat kesamaan sangat kecil. Kata Kunci : Sistem informasi, kerja praktik, winnowing, human-centered design, heuristic evaluation

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:40
Last Modified: 01 Aug 2023 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13182

Actions (login required)

View Item View Item