PERSEPSI ANGGOTA KELOMPOK TANI HUTAN USAHA BERSAMA DALAM PELAKSANAAN IUPHKM DI HPT PERADUAN TINGGI WILAYAH UNIT V KPHL BENGKULU SELATAN PROVINSI BENGKULU

Nixon, Nixon and Siswahyono, Siswahyono and Putranto, Budiono Agung Nugroho (2022) PERSEPSI ANGGOTA KELOMPOK TANI HUTAN USAHA BERSAMA DALAM PELAKSANAAN IUPHKM DI HPT PERADUAN TINGGI WILAYAH UNIT V KPHL BENGKULU SELATAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
NIXON E1B015004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Hutan Kemasyarakatan (HKm) merupakan hutan rakyat yang dibangun di atas lahan-lahan milik negara, Dalam hal ini, hak pengelolaan atas bidang kawasan hutan diberi kepada sekelompok masyarakat, biasanya kelompok tani hutan atau koperasi. Sebuah proses perubahan yang mengarah kepada keterlibatan masyarakat yang lebih luas dalam mengelola hutan sebagai sebuah proses maka konsep HKm ini tidak memiliki sebuah sistem atau definisi yang baku, tetapi berkembang sesuai dengan kebutuhan, kondisi masyarakat dan sistem sosial ekonomi, serta kesepakatan-kesepakatan yang di antara pihak-pihak yang terlibat. Salah satu langkah konkrit yang diambil pemerintah untuk memberdayakan masyarakat dalam mengelola hutan yang berada pada suatu wilayah yaitu dengan meluncurkan program Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) dengan dasar Hukum Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 88 Tahun 2014 tentang hutan kemasyarakatan. Penelitian ini mengggunkan metode analisis deskriftif dengan teknik surve dan wawancara kepada anggota kelompok tani hutan (KTH). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik metode accindental. Dalam penelitian ini anggota kelompok tani hutan usaha bersama dari berbagai Desa/Kecamatan berjumlah 224 KK sehingga sampel yang diambil adalah sebanyak 33,6 KK atau dibulatkan menjadi 34 KK (15%). Hasil penelitian ini Persepsi kelompok tani dalam mengelola hutan produksi di lahan IUPHKm, Sangat la baik adapun bermacam-macam pendapat Responden, persepsi terhadap kelompok tani hutan (KTH) dengan mendapatkan sekor total 1889 dengan kesimpulan berada pada katagori sangant setuju menujukkan pada kriterial sangat baik (memiliki sifat positif terhadap kelompok tani hutan Usaha Bersama (KTH) di Desa Merambung, Kabupaten Bengkulu Selatan Provensi Bengkulu. Masyarakat memanfaatkan lahan IUPHKm di Area HPT dengan bercocok tanam berbagai jenis tanaman, tanaman utama masyarakat yaitu Kopi di selah kopi mayarakat memanfaatkan tanaman seperti, durian, jengkol, petai, kayu res dan pinang, karna daya jual buahnya sangat tingggi dan pohonya apa bilah masa produksi tidak bagus lagi pohonya di tebang dan di jual ada pun dimanfaatkan sebagi bahan bangunan rumah responden.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:45
Last Modified: 14 Jul 2023 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item View Item