PENGARUH PERLAKUAN ALKALI DAN WATER ABSORPTION TERHADAP KETANGGUHAN KOMPOSIT HYBRID RESIN POLYESTER PENGUAT SERAT ABACA-GLASS

Deswanto, Putra and Hestiawan, Hendri and Supardi, Nurul Iman (2022) PENGARUH PERLAKUAN ALKALI DAN WATER ABSORPTION TERHADAP KETANGGUHAN KOMPOSIT HYBRID RESIN POLYESTER PENGUAT SERAT ABACA-GLASS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI putra deswanto 15045.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Serat abaca (Musa textillis) merupakan salah satu jenis serat alam yang dapat digunakan untuk material penguat komposit. Keunggulan serat abaca terletak pada kekuatan dan kelenturannya, serta tahan terhadap pengaruh mikroorganisme yang terdapat dalam air laut. Serat alam juga memiliki kelemahan pada permukaannya karena mengandung lignin dan lapisan lilin sehingga memiliki ikatan interfacial yang rendah antara serat dan matrik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan water absorption pada komposit berpenguat serat abaca-glass dan membandingkan ketangguhan komposit hybrid berpenguat serat abaca-glass sebelum dan sesudah perendaman dalam larutan air laut dan aquades. Bahan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah serat abaca, fiberglass, resin polyester yukalac BQTN 157, katalis, alkali 5%, air laut dan aquades. Alat yang digunakan adalah timbangan digital, alat uji impak, cetakan, specimen, dan jangka sorong. Adapun metode pembuatan specimen adalah metode hand lay up. Pengujian yang dilakukan yaitu uji impak dan water absorption. Media perendaman menggunakan air laut dan aquades yang dilakukan selama 45 hari. Hasil pengujian water absorption penyerapan minimum dan koefisien difusi terendah diperoleh pada serat panjang pada perlakuan alkali 5% dengan waktu 1 jam masing – masing untuk media perendaman aquades sebesar 1,43% dan % dan difusinya 1791.72 x10-12 m2/s dan air laut sebesar 1,32% dan difusinya 1756.74 x10-12 m2/s, sedangkan hasil uji impak menyatakan bahwa ketangguhan komposit hibrid penguat serat abaca-glass setelah perendaman mengalami peningkatan pada perendaman aquades dan serat panjang serta perlakuan alkali 5% dengan selama 2 jam dengan nilai sebesar 242.67 kJ/m2 atau mengalami peningkatan sebesar 47% bila dibandingkan dengan spesimen tanpa perendaman. Kata Kunci: Komposit, abaca-glass, water absorption, Ketangguhan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:45
Last Modified: 01 Aug 2023 04:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13221

Actions (login required)

View Item View Item