ANALISIS BIPLOT BERBAGAI JENIS KARTU SELULER PRABAYAR GSM (Studi Kasus Mahasiswa Prodi S1 Statistika Angkatan Tahun 2017-2020 Universitas Bengkulu)

Ani, Okta Via Disti and Nugroho, Sigit and Dian, Agustina (2022) ANALISIS BIPLOT BERBAGAI JENIS KARTU SELULER PRABAYAR GSM (Studi Kasus Mahasiswa Prodi S1 Statistika Angkatan Tahun 2017-2020 Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI OKTA VIA DISTI ANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS BIPLOT BERBAGAI JENIS KARTU SELULER PRABAYAR GSM (Studi Kasus Mahasiswa Prodi S1 Statistika Angkatan Tahun 2017-2020 Universitas Bengkulu) Oleh : OKTA VIA DISTI ANI F1F017002 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perusahaan kartu seluler di Indonesia yang harus bersaing secara kompetitif untuk mempertahankan produk mereka di pasaran. Oleh karena itu, diperlukan analisis biplot untuk menentukan posisi penggunaan produk. Analisis biplot adalah salah satu upaya menggambarkan data-data yang ada pada tabel ringkasan dalam grafik berdimensi dua. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi berbagai merek kartu seluler Prabayar GSM terhadap berbagai atribut kartu prabayar yang diamati, serta untuk mengetahui apa saja atribut-atribut yang perlu diperbaiki oleh setiap produsen kartu Seluler Prabayar GSM untuk meningkatkan dan mempertahankan produk mereka. Data yang digunakan berupa data primer dengan jumlah sampel diambil 50 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah analisis biplot. Berdasarkan penelitian ini, biplot memiliki keragaman sebesar 90% dan hasilnya adalah Kartu AS diposisikan responden sebagai kartu yang paling unggul berdasarkan kualitas dan kartu XL diposisikan responden sebagai kartu yang paling unggul berdasarkan citra merek dan harga. Berdasarkan grafik biplot, atribut yang perlu diperhatikan oleh setiap produsen kartu seluler prabayar GSM adalah atribut citra merek. Kata Kunci: Analisis Biplot, Kartu Seluler, GSM

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:48
Last Modified: 01 Aug 2023 04:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13243

Actions (login required)

View Item View Item