ANALISIS PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA, PROYEK KONSTRUKSI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Proyek Konstruksi Revitalisasi dan Pengembangan Asrama Haji Bengkulu)

Dyafron, Ezo and Supriani, Fepy and Yuzuar, Afrizal (2022) ANALISIS PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA, PROYEK KONSTRUKSI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Proyek Konstruksi Revitalisasi dan Pengembangan Asrama Haji Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan salah satu bagian penting yang perlu diterapkan dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Resiko kecelakaan kerja sering terjadi karena pihak kontraktor tidak menerapkan program K3 dengan baik, yang mengakibatkan produktivitas tenaga kerja menjadi rendah. Pandemi COVID-19 di Indonesia memberikan masalah baru di sektor konstruksi sehingga pekerjaan pada proyek konstruksi mengalami perlambatan. Penerapan protokol kesehatan pada proyek konstruksi dilakukan agar menjaga keselamatan dan kesehatan kerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas pekerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dan korelasi pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap produktivitas pekerja pada proyek konstruksi di masa pandemi COVID-19. Lokasi penelitian yaitu Proyek Konstruksi Revitalisasi dan Pengembangan Asrama Haji Bengkulu. Proyek pembangunan gedung 4 lantai dengan jumlah pekerja 102 orang dan sampel yang digunakan 50 orang. Metode penelitian dilakukan dengan observasi langsung dan menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan uji persyaratan analisis yaitu uji validitas dan reliabilitas pada program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Persentase hasil penelitian yaitu variabel faktor pendukung K3 (X1) dan kendala pelaksanaan K3 (X2) memiliki pengaruh sebesar 83,9% terhadap variabel produktivitas pekerja (Y). Nilai pearson correlation faktor pendukung K3 yaitu sebesar 0,870 sedangkan kendala pelaksanaan K3 sebesar 0,846. Angka tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara faktor pendukung K3 dan kendala pelaksanaan K3 terhadap produktivitas pekerja. Hasil kuesioner tentang tingkat kenyamanan pekerja terhadap penerapan protokol kesehatan dan penggunaan peralatan K3 yaitu pekerja proyek merasa nyaman menggunakan masker dengan persentase terendah hanya sebesar 14% sedangkan pekerja proyek paling nyaman menggunakan sepatu bot saat di lapangan dengan persentase sebesar 94%. Kata kunci: keselamatan dan kesehatan kerja, produktivitas pekerja, proyek konstruksi, pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:47
Last Modified: 01 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13244

Actions (login required)

View Item View Item