PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASARGUGUS VKOTA BENGKULU

Laraswati, Angel and Yuliantini, Nani and Neza, Agusdianita (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASARGUGUS VKOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF ANGEL SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambarterhadap kemampuan menulis karangan deskripsisiswa kelas V di SDgugus VKota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitiannya adalah posttest onlycontrol group design, pengambilan tes sebanyak satu kali yaitu dilakukan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhSD Gugus V Kota Bengkulu yang menggunakan kurikulum KTSP. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB SD Negeri 27 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan VASD Negeri 13 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian kemampuan menulis karangan deskripsi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa signifikansi uji independent sample t-test sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,025. Atas dasar tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut terdapat perbedaan dari rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu bergambarterhadap kemampuan menulis karangan deskripsisiswa kelas V di SD Gugus V Kota Bengkulu. Kata kunci: Mediakartu bergambar, kemampuan menulis, karangan deskripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:20
Last Modified: 17 Jul 2023 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13246

Actions (login required)

View Item View Item