PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DONGENG FABEL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SEKOTA BENGKULU

Saputri, Anggun and Yuliantini, Nani and Ansyori, Gunawan (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DONGENG FABEL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SEKOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
BISMILLAH SPD 2v PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis dongeng fabel siswa kelas IV SD sekota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Kategori desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Only Posttest Control Group Design, pengambilan tes sebanyak satu kali yaitu dilakukan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD dan siswa kelas IV yang berakreditasi A dan berkurikulum KTSP sekota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN 60 sebagai kelas eksperimen dan IVB SDN 82 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian (esai). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t yaitu thitung sebesar 1,74 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,68. Jadi dengan thitung (1,74) > ttabel (1,68), ini artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis dongeng fabel siswa kelas IV Sekolah Dasar sekota Bengkulu. Kata kunci: Media Gambar seri, Kemampuan Menulis, Dongeng Fabel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:22
Last Modified: 17 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item