IDENTIFIKASI RISIKO PADA TAHAP PERENCANAAN DAN SKALA PRIORITAS REHABILITASI JARINGAN IRIGASI TERSIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi Kasus di Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Jaya, Kabupaten Mukomuko)

Apriansyah, Gilang and Edriani, Annisa Fitria and Besperi, Besperi (2022) IDENTIFIKASI RISIKO PADA TAHAP PERENCANAAN DAN SKALA PRIORITAS REHABILITASI JARINGAN IRIGASI TERSIER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (Studi Kasus di Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Jaya, Kabupaten Mukomuko). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Gilang Apriansyah G1B017004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Kegiatan perencanaan rehabilitasi jaringan irigasi merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mewujudkan kemanfaatan sumber daya air yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko, mengetahui kerusakan jaringan irigasi dan menentukan skala priotitas dalam perencanaan rehabilitasi jaringan irigasi tersier. Metode penelitian menggunakan analisis severity index dan probability impact grid dengan jumlah reponden sebanyak 6 orang untuk mengindentifikasikan risiko serta metode simple addititve weighting untuk penentuan skala prioritas rehabilitasi jaringan irigasi. Analisis data kuesioner untuk identifikasi risiko harus memenuhi persyaratan uji validitas dan reliabilitas data menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko dominan berada pada variabel risiko peralatan dan K3. Faktor risiko dominan yaitu kerusakan peralatan ketika survei di lapangan dengan nilai severity index 58,33% untuk probabilitas dan 66.67% untuk dampak risiko. Hasil skala prioritas menunjukkan nilai prioritas paling besar yaitu P3A Payang Sakti dengan nilai prioritas 92,5% sedangkan nilai prioritas paling rendah yaitu P3A Rantau Baduri dengan nilai prioritas 64,16%. Faktor risiko dominan dan skala prioritas yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam perencanaan rehabilitasi jaringan irigasi. Kata kunci : Risiko, Perencanaan Irigasi, Skala Prioritas, Simple Addititve Weighting

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:48
Last Modified: 01 Aug 2023 04:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item