STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA MACRAME PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V B SD NEGERI 07 KOTA BENGKULU

Damilaram, Thalia and Hasnawati, Hasnawati and Wurjinem, Wurjinem (2018) STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA MACRAME PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V B SD NEGERI 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Atin Thalia Damilaram (A1G014011).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan hasil karya macrame pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas V SD Negeri 07 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik observasi partisipan. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SD Negeri 07 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian adalah human instrument, dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman hasil karya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data proses pembuatan karya dilakukan dengan menelaah data kemudian direduksi, display dan penarikan kesimpulan. Analisis data hasil karya akan dibahas dengan melihat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa yang ada. Hasil penelitian yaitu (1) Proses pembuatan karya hiasan dinding macrame keenam kelompok diawali dengan diskusi untuk menentukan desain karya. Dilanjutkan dengan mengumpulkan alat dan bahan. Kemudian proses menyimpul, dimana proses ini terdiri dari pengukuran dan pemotongan tali kur, penggantungan tali pada peyanggah, menyimpul tali dan finishing. (2) Enam hasil karya macrame yang dibuat siswa telah memuat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa. Diantaranya pada karya macrame telah memuat unsur garis, warna dan bidang. Penyusunan simpul-simpul dasar macrame pada penyanggah telah memenuhi prinsip seni rupa yaitu kesatuan, keseimbangan, irama dan keselarasan atau keserasian. Kata kunci: Pembelajaran SBK, Karya Seni Rupa, Macrame.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:33
Last Modified: 17 Jul 2023 02:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item View Item