PENGARUH PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS PERMAINAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KOTA BENGKULU

Agustina, Bella Tria and V. Karjiati, V. Karjiati and Feri, Noperman (2018) PENGARUH PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS PERMAINAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI BELLA TRIA AGUSTINA A1G014057.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan outdoor learning berbasis permainan bingo terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Quasi Eksperimental dan jenis desain The Matching Only Pretest�Posttest Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelompok sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kota Bengkulu yang menggunakan KTSP. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA di SDN 18 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB di SDN 36 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar dengan bentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t gain. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t gain didapatkan nilai thitung sebesar 3,52 dan nilai ttabel sebesar 1,676. Secara sistematis terlihat thitung 3,52 > ttabel 1,676 pada taraf signifikan 5%. Maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan outdoor learning berbasis permainan bingo sangat sesuai jika diterapkan pada siswa dengan kemampuan lebih tinggi. Kata kunci: Outdoor Learning, Permainan Bingo, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:41
Last Modified: 17 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item View Item