HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 19 KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Istiawan, Bopin and Lusa, Herman and Sri, Ken Kustianti (2018) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 19 KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI BOPIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara (variabel X) perhatian orang tua dengan (variabel Y) motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri Gugus 19 Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas V SD Gugus 19 Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas VA SD Negeri Gugus 19 Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen dalam penelitian ini, yaitu angket perhatian orang tua dan angket motivasi belajar. Penelitian diawali dengan melaksanakan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrumen penelitian berupa angket perhatian orang tua dan angket motivasi belajar. Hasil uji validitas diperoleh data bahwa, terdapat 31 item instrumen yang dinyatakan valid dari 4 item instrumen angket perhatian orang tua yang diujicobakan dan terdapat 28 item instrumen yang dinyatakan valid dari 6 instrumen angket motivasi belajar yang diuji cobakan. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,710 untuk angket perhatian orang tua dan 0,717 untuk angket motivasi belajar. Berdasarkan data tersebut, maka 31 item instrumen angket perhatian orang tua dan 28 item instrumen angket motivasi belajar dinyatakan reliabel. Setelah itu angket pehatian orang tua dan motivasi belajar disebar pada sampel sebenarnya. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis terhadap data angket dan dokumentasi dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai r hitung sebesar 0,866 dan nilai r tabel dengan taraf signifikasi 0,05 sebesar 0,334. Diketahui nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel, maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri Gugus 19 Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Kata kunci: Perhatian Orang Tua dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:49
Last Modified: 17 Jul 2023 02:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13269

Actions (login required)

View Item View Item