PRESENTASI DIRI REMAJA PUTRI MELALUI FACEBOOK

DWI PUTRI , SEPTIAN and Gushevinalti, Gushevinalti and Rasianna , BR Saragih (2013) PRESENTASI DIRI REMAJA PUTRI MELALUI FACEBOOK. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
IV,V,VI,LAMP,II-13-sep-FS-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
I,II,III,II-13-sep-FS-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Facebook merupakan situs jejaring social yang begitu popular saat ini, dengan aktif menggunakan Facebook, facebookers bisa memperlihatkan dan menandakan eksistensi dirinya di dunia vitual. Facebookers dapat menampilkan sosok dirinya dalam aktivitas kegiatan sehari-hari atau suasana hati yang sedang dirasakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan gagasan-gagasan yang mendasari facebookers menggunakan situs jejaring sosial Facebook sebagai ajang penampilan diri. Teori yang digunakan adalah teori dramaturgi karya Erving Goffman “ T he pres entat ion of self in everyda y l if e” yang meliputi front stage, setting, personal front, appearance, manner, back stage. Selain menggunakan teori Goffman penelitian ini juga menggunkan teori hipperealitas Jean Baudrillard. Penelitian ini bertipe kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Terdapat empat orang informan yang merupakan pengguna aktif Facebook dengan usia 16-18 tahun dari siswi SMA N 1 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Facebook layaknya sebuah panggung teater, setiap remaja berlomba-lomba menampilkan dirinya sebaik mungkin dari sudut pandang mereka. Ini dapat dilihat dari aktivitas update status dan aktivitas memasang foto profil terbaik dilakukan facebookers untuk menciptakan kesan seperti yang mereka harapkan. Semua yang ditampilkan facebookers di Facebook adalah selalu yang terbaik, karena menurut facebookers Facebook sebagai ajang penampilan dirinya di mata orang lain. Ketika facebookers menunjukkan fotonya maka ia ingin menunjukkan penampilannya di Facebook, sedangkan ketika facebookers menampilkan status maka ia ingin menunjukkan jati dirinya di Facebook, dan semua itu mengarah kepada ajang penampilan dirinya di Facebook. Kaitan dramaturgi dengan ajang penampilan diri di Facebook meliputi front stage adalah hal-hal yang ditampilkan facebookers di Facebook, facebookers cenderung menampilkan sisisisi baiknya saja dalam dirinya. Setting terdiri dari profil yang ditampilkan oleh facebookers. Appearance yaitu meliputi aktivitas update status dan unggah foto di Facebook. Manner meliputi peran yang diharapkan oleh facebookers ketika melakukan aktivitas-aktivitas di Facebook. Back stage yaitu hal-hal yang disembunyikan oleh facebookers di Facebook, facebookers tidak pernah menceritakan kehidupan pribadinya di Facebook karena hal tersebut tidak pantas dan tidak perlu untuk dipublikasikan secara luas karena bersifat pribadi. Impression management meliputi bagaimana cara facebookers dalam memperoleh kesan yang baik di Facebook.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 12 Nov 2013 16:50
Last Modified: 15 Nov 2013 14:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item