IMPLEMENTASI SAPA PAGI DALAM PEMBINAAN ETIKA SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU (STUDY ANALISIS DESKRPTIF)

Udiyana, Dilla Dwi and Djuwita, Puspa and Pebrian, Tarmizi (2018) IMPLEMENTASI SAPA PAGI DALAM PEMBINAAN ETIKA SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU (STUDY ANALISIS DESKRPTIF). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DILLA DWI UDIYANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sapa pagi dalam pembinaan etika sosial pada perilaku budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik persentase. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VB berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian adalah Penelitian kualitatif yaitu peneliti sendiri, dibantu pedoman observasi dan wawancara ditambah lembar kuesioner). Teknik analisis data observasi dan wawancara secara narasi sedangkan data kuesioner (teknik persentase). Dari hasil penelitian dengan rincian perolehan hasil penelitian yang melaksanakan Budaya 5S dengan baik sebanyak 18 siswa (69,23%) mampu memahami implementasi sapa pagi ini membuktikan adanya hubungan implementasi sapa pagi dan perilaku siswa, sebanyak 24 siswa (92,30%) mampu memiliki sikap senyum, sebanyak 23 siswa (88,46%) mampu memiliki sikap sapa, sebanyak 25 siswa (96,15%) mampu memiliki sikap salam, sebanyak 23 siswa (88,46%) mampu memiliki sikap sopan, sebanyak 23 siswa (88,46%) mampu memiliki sikap santun. Sehingga hasil kesimpulan penelitian ini adalah dapat dikatakan bahwa siswa kelas VB sudah melaksanakan Budaya 5S dengan baik. Kata kunci: Etika Sosial, Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:31
Last Modified: 17 Jul 2023 03:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item