PENGARUH PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 101 KOTA BENGKULU

Risa, Disma and Hambali, Daimun and Resnani, Resnani (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 101 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DISMA RIZA (A1G014061).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode karya wisata terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 101 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed method), yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dan metode deskriptif Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Ada dua insrumen yang digunakan, yaitu peneliti yang dibantu dengan pedoman observasi dan tes kemampuan menulis dengan bentuk karangan deskripsi yang diberikan melalui posttest setelah pembelajaran berlangsung. Tes hanya dilakukan sekali yaitu setelah memberikan perlakuan (treatment) yaitu karya wisata ke Karantina Ikan pada kelompok eksperimen. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis data di lapangan, statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, kelas eksperimen 76,25 dan kelas kontrol sebesar 63,70. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 4,648 dan ttabel sebesar 1,672. Jadi, dengan thitung (4,648) > ttabel (1,672) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf 5% pada penggunaan metode karya wisata terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 101 Kota Bengkulu. Tahapan pembelajaran dengan metode karya wisataa terdiri atas perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pembuatan laporan berupa karangan deskripsi, dan evaulasi. Kata kunci: Metode Karya Wisata, Karya Wisata ke Karantina Ikan, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:33
Last Modified: 17 Jul 2023 03:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item View Item