PENGARUH KONSENTRASI Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) DAN DOSIS ABU BOILER TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI (Glycine max (L). Merril)

Heti, Nuraini and Reny, Herawati and Edhi, Turmudi (2022) PENGARUH KONSENTRASI Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) DAN DOSIS ABU BOILER TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI (Glycine max (L). Merril). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Heti Nuraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kedelai (Glycine max (L). Merril) merupakan salah satu jenis tanaman kacang�kacangan yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan tambahan karena memiliki kandungan protein yang tinggi.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendapatkan interaksi antara kosentrasi PGPR dan abu boiler yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil kedelai, (2) mendapatkan konsentrasi PGPR yang terbaik pada pertumbuhan dan hasil kedelai, (3) mendapatkan dosis abu boiler yang terbaik pada pertumbuhan dan hasil kedelai. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama konsentrasi PGPR (P) dengan 4 taraf yaitu, P0 = 0 mL/L, P1 = 5 mL/L, P2 = 10 mL/L dan P3 = 15 mL/L, sedangkan faktor kedua dosis abu boiler (A) dengan 3 taraf yaitu, A1 = 6 g/polibag (Setara 1 ton/ha), A2 = 12 g/polibag (Setara 2 ton/ha) dan A3 = 18 g/polibag (Setara 3 ton/ha). Dari perlakuan tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan, sehingga terdapat 36 unit percobaan Masing-masing perlakuan terdapat 4 tanaman sampel, satu polibag terdapat 1 tanaman sehingga terdapat 144 tanaman. Hasil penelitian menunjukkan interaksi tidak berbeda nyata antara pemberian berbagai konsentrasi PGPR dengan dosis abu boiler. Konsentrasi PGPR 15 mL/L berpengaruh nyata terhadap variabel jumlah bintil akar, bobot bintil akar, bobot bintil akar kering, jumlah polong pertanaman dan bobot polong pertanaman tanaman kedelai. Dosis abu boiler 18 g/polibag berpengaruh nyata terhadap variabel tinggi tanaman, jumlah polong pertanaman, bobot polong pertanaman, bobot berangkasan segar dan bobot berangkasan tanaman kedelai

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:40
Last Modified: 17 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13304

Actions (login required)

View Item View Item