Hubungan Kadar Hemoglobin A1c (HbA1c) dengan Kadar High Density Lipoprotein (HDL) pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu Tahun 2022

Nugraha, Gilang and Djatmiko, Ellen Maidia and Besly, Sinuhaji (2022) Hubungan Kadar Hemoglobin A1c (HbA1c) dengan Kadar High Density Lipoprotein (HDL) pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu Tahun 2022. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI GILANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Pasien dengan diabetes melitus tipe 2 memiliki peningkatan prevalensi dislipidemia yang berkontribusi besar dalam peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Dislipidemia ditandai dengan abnormalitas metabolisme lipid salah satunya adalah terjadi penurunan kolesterol High Density Lipoprotein (HDL). Salah satu tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kadar HbA1c dan kadar kolesterol HDL pada pasien diabetes melitus tipe 2 untuk mengevaluasi pentingnya HbA1c sebagai indikator dari dislipidemia. Metode : Penelitian Cross-Sectional dengan sampel pasien diabetes melitus tipe 2 di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu yang telah memenuhi kriteria inklusi dengan teknik penyaringan Consecutive Sampling. Variabel yang dipakai adalah kadar HbA1c sebagai kendali glikemik dan kadar kolesterol HDL. Pengumpulan data menggunakan wawancara terkait karakteristik sampel dan pemeriksaan kadar HbA1c serta kadar kolesterol HDL. Analisis data menggunakan Spearman. Hasil: Total sampel sebanyak 38 sampel (15 laki-laki dan 23 perempuan). Rerata usia berada pada 55 tahun. Kadar HbA1c tertinggi pada sampel penelitian ini adalah 14,9 % dan terendah adalah 4,0 %. Sebanyak 33 subjek memiliki kendali glikemik yang buruk, dan 8 subjek memiliki kadar kolesterol di bawah batas normal. Analisis bivariat penelitian ini menunjukkan kadar HbA1c tidak memiliki kolerasi terhadap kadar kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) pada uji Spearman dengan nilai r= -0,010 (p=0,952). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara kadar HbA1c dan kadar kolesterol High Density Lipoprotein (HDL). Kata Kunci: HbA1c, High Density Lipoprotein, Diabetes Melitus Tipe 2.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty Of Medicine
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:52
Last Modified: 01 Aug 2023 04:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item