Wulandari, Eliza and Lusa, Herman and Daimun, Hambali (2018) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI TERHADAP DIRI SENDIRI PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI ELIZA WULANDARI NPM A1G014045.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli terhadap diri sendiri pada siswa kelas II SDN 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan metode yang digunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II C SDN 52 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan hasil dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli terhadap diri sendiri pada siswa sudah terlihat, seperti guru telah 1) memerankan diri sebagai model dan teladan, 2) memerankan diri sebagai motivator, dan 3) memerankan diri sebagai pembimbing. Berdasarkan hasil penelitian maka, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli siswa kelas II SDN 52 Kota Bengkulu telah dilakukan dengan baik. Kata Kunci: Peran Guru, Sikap, Peduli terhadap Diri Sendiri
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:42 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13306 |
Actions (login required)
View Item |