HUBUNGAN ANTARA MINAT MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DENGAN KEDISIPLINAN ANGGOTA GUDEP YANG TERDAPAT DI GUGUS X KOTA BENGKULU

Candramustika, Eri and Lukman, Lukman and Juarsa, Osa (2018) HUBUNGAN ANTARA MINAT MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DENGAN KEDISIPLINAN ANGGOTA GUDEP YANG TERDAPAT DI GUGUS X KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ERI CANDRAMUSTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara minat mengikuti ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan dengan kedisiplinan anggota Gudep yang terdapat di gugus X Kota Bengkulu. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Gudep yang terdapat di gugus X Kota Bengkulu dengan jumlah 332 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini proportionate stratified random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar angket. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rxy = 0,695 dengan rtabel = 0,212 (0,695 > 0,212), KP = 48,3%, dan thitung = 5,74, dengan ttabel = 1,663 (5,74 > 1,663). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat mengikuti ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan dengan kedisiplinan anggota Gudep yang terdapat di gugus X Kota Bengkulu. Kata kunci: Minat, Disiplin, Pendidikan Kepramukaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:44
Last Modified: 17 Jul 2023 03:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13309

Actions (login required)

View Item View Item