PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS XII KOTA BENGKULU

Fahmia, Hafiza and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2018) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS XII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI HAFIZA FAHNIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SD Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD gugus XII yang terdiri dari 5 SD. Berdasarkan hasil uji homogenitas, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 99 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 81 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat dan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan model guided inquiry yaitu 78,120 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 62,789. Uji-t kedua kelas sampel dengan taraf signifikansi α = 0,05, diperoleh thitung = 4,730 sedangkan ttabel = 2,000, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Peningkatan persentase hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen 83,36 % dan pada kelas kontrol 33,98 %. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model guided inquiry. Kata kunci : guided inquiry, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:08
Last Modified: 17 Jul 2023 04:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item