STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA SENI MENGGAMBAR DEKORATIF PADA CAPING DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS III A SD NEGERI 07 KOTA BENGKULU

Putri, Heice Marisa and Hasnawati, Hasnawati and Nani, Yuliantini (2018) STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA SENI MENGGAMBAR DEKORATIF PADA CAPING DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS III A SD NEGERI 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan hasil karya menggambar dekoratif caping dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas III A SD Negeri 07 Kota Bengkulu. Jenis dan metode penelitian ini yaitu penelitian kulitatif dan metode deskriptif dengan teknik observasi partisipan. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III A SD Negeri 07 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian adalah human instrument, dengan menggunakan pedoman obsevasi, pedoman wawancara, dan pedoman hasil karya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi/hasil karya. Analisis data proses pembuatan karya dilakukan dengan menelaah data kemudian direduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Analisis data hasil karya akan dibahas dengan melihat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa yang ada. Proses pembuatan enam karya seni menggambar dekoratif pada caping diawali dengan diskusi menentukan motif yang akan dipilih dalam pembuatan karya. Dilanjutkan dengan mempersiapkan alat dan bahan. Setelah itu memberi cat dasar pada caping. Selanjunya membuat desain motif dan menebalkan motif serta kemudian mewarnai motif. Enam hasil karya seni menggambar dekoratif pada caping yang dibuat siswa memuat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa yaitu memuat unsur garis, bidang, dan warna. Penempatan motif-motif tersebut pada caping memuat prinsip-prinsip seni rupa yaitu prinsip kesatuan, keseimbangan, irama, penekanan dan keselarasan. Kata kunci : Pembelajaran SBK, Seni Rupa, Karya Dekoratif Caping.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:10
Last Modified: 17 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13317

Actions (login required)

View Item View Item