PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, TATA KELOLA PERUSAHAAN, KUALITAS AUDIT, DAN TINGKAT HUTANG TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia)

Nur’aini, Nur’aini and Indriani, Rini (2016) PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, TATA KELOLA PERUSAHAAN, KUALITAS AUDIT, DAN TINGKAT HUTANG TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Tesis)
SKRIPSI FULL NUR'AINI (C1C012041).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), tata kelola perusahaan (CG), kualitas audit, dan tingkat hutang terhadap perataan laba perusahaan. Penelitian ini juga ingin membuktikan bahwa terdapat perbedaan pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), tata kelola perusahaan (CG), kualitas audit, dan tingkat hutang terhadap perataan laba pada perusahaan kelompok perata dan bukan perata laba. Dengan menggunakan purposive sampling maka diperoleh sampel penelitian yaitu 18 perusahaan pertambangan tahun 2011-2014. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan uji beda (chow test)dengan alat bantu SPSS versi 17.0. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa kualitas audit berpengaruh singnifikan negatif terhadap perataan laba perusahaan. Sedangkan variabel CSR, CG, dan tingkat hutang tidak berpengaruh terhadap perataan laba perusahaan. Hasil uji chow test juga berhasil membuktikan bahwa terdapat perbedaan pengaruh CSR, CG, kualitas audit, dan leverage pada perusahaan kelompok perata dan bukan perata laba. Kata Kunci: Manajemen Laba, Perataan Laba, Tanggung Jawab Sosial perusahaan (CSR), Tata Kelola Perusahaan (CG), Kualitas Audit, Tingkat Hutang, dan Chow Test

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:19
Last Modified: 25 Oct 2017 03:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13328

Actions (login required)

View Item View Item