ANALISIS SURVIVAL MAHASISWA TIDAK LULUS TEPAT WAKTU MENGGUNAKAN METODE REGRESI COX PROPORTIONAL HAZARD DAN METODE RANDOM SURVIVAL FOREST

ALWANSYAH, MUHAMMAD ARIB and Agustina, Dian and Dyah, Setyo Rini (2022) ANALISIS SURVIVAL MAHASISWA TIDAK LULUS TEPAT WAKTU MENGGUNAKAN METODE REGRESI COX PROPORTIONAL HAZARD DAN METODE RANDOM SURVIVAL FOREST. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD ARIB ALWANSYAH_F1F018009.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perguruan tinggi merupakan tempat untuk mendidik generasi penerus bangsa dalam segi akademik maupun non akademik. Pada dasarnya setiap perguruan tinggi berusaha memaksimalkan kelulusan para mahasiswanya, baik secara kuantitas maupun kualitas. Pendidikan program jenjang S1 ditargetkan untuk menyelesaikan studi selama 8 semester atau dapat juga ditempuh kurang dari 8 semester dan paling lama yaitu 14 semester. Banyak faktor yang diduga mempengaruhi lama studi mahasiswa, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Berdasarkan faktor-faktor yang diduga dapat mempengaruhi lama studi mahasiswa tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap lama studi mahasiswa. Metode yang dapat digunakan untuk mengetahui faktor-faktor tersebut adalah analisis survival menggunakan regresi cox proportional hazard dan random survival forest. Faktor yang mempengaruhi lama studi menggunakan regresi cox proportional hazard adalah IPK, sedangkan dengan menggunakan metode random survival forest diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi lama studi mahasiswa adalah IPK, jenis kelamin, dan part time. Berdasarkan perbandingan menggunakan metode C-Index, random survival forest merupakan metode yang cocok digunakan pada data karena nilai error C-Index sebesar 26,9% yang lebih kecil dari cox proportional hazard yaitu sebesar 27,8%. Kata Kunci : Analisis Survival, Cox Proportional Hazard, Random Survival Forest, Harrell’s Concordance Index, Lama Studi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:54
Last Modified: 01 Aug 2023 04:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item View Item