STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KETERAMPILAN TALI TEMALI DALAM PEMBUATAN PIONERING MELALUI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER BERTANGGUNGJAWAB SISWA SDN 69 KOTA BENGKULU

Astira, Mega and Lukman, Lukman and Dwi, Anggraini (2018) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI KETERAMPILAN TALI TEMALI DALAM PEMBUATAN PIONERING MELALUI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER BERTANGGUNGJAWAB SISWA SDN 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Mega Astira (A1G014032).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan tali temali dalam pembuatan pionering melalui Pendidikan Kepramukaan untuk menanamkan karakter bertanggungjawab siswa SDN 69 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 pasukan siswa Penggalang saja terdiri dari 4 regu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa karakter bertanggungjawab siswa SDN 69 Kota Bengkulu dapat ditanamkan melalui Pendidikan Kepramukaan pada kegiatan implementasi keterampilan tali temali dalam pembuatan pionering. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan tiga indikator yaitu: 1. menyerahkan tugas tepat waktu, dengan pembagian tugas pada setiap anggota regu maka keempat regu telah menyerahkan tugas pembuatan pionering bentuk tiang bendera tepat waktu yaitu kurang dari 30 menit; 2. mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk seperti: mengerjakan petunjuk pengerjaan langkah-langkah pembuatan pionering bentuk tiang bendera secara runtun, petunjuk penggunaan tali secara efektif yaitu dengan menggulung tali saat membuat ikatan supaya tali yang digunakan tidak kusut, dan petunjuk mengerjakan langkah-langkah pembuatan simpul dan ikatan secara runtun dan teliti; 3. melihat sikap siswa saat mengerjakan pionering bentuk tiang bendera untuk mendapatkan hasil karya, dalam proses mengerjakan pionering bentuk tiang bendera keempat regu dapat mengerjakannya tanpa ragu yaitu percaya dengan kemampuan yang dimiliki, dapat mengerjakan tugas tanpa bantuan pembina dan tanpa melihat atau bertanya pada regu lain, serta dapat menerima resiko saat melaksanakan pembuatan pionering bentuk tiang bendera. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa karakter bertanggungjawab dapat ditanamkan melalui implementasi keterampilan tali temali dalam pembuatan pionering. Kata kunci: Implementasi Keterampilan Tali Temali, Pionering, Pendidikan Kepramukaan, Karakter, Bertanggungjawab

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:42
Last Modified: 17 Jul 2023 06:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13340

Actions (login required)

View Item View Item