IMPLEMENTASI METODE NAÏVE BAYES DENGAN TEKNIK LAPLACE CORRECTION PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KARET (STUDI KASUS: KOTA ARGAMAKMUR, BENGKULU UTARA)

Mochsan, Anjas Naufal and Erlansari, Aan and Mochammad, Yusa (2022) IMPLEMENTASI METODE NAÏVE BAYES DENGAN TEKNIK LAPLACE CORRECTION PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KARET (STUDI KASUS: KOTA ARGAMAKMUR, BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Anjas_Naufal_Mochsan[G1A015047].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Karet dengan nama latin Hevea Brasiliensis merupakan satu-satunya sumber komersial produksi karet alam. Seperti pada tanaman lainnya, tanaman karet tidak kebal terhadap penyakit dan dapat menyebabkan penurunan hasil getah karet. Untuk mengendalikan dan menangani penyakit tanaman karet diperlukan teknologi aplikasi sistem pakar. Penelitian ini memiliki tujuan mengimplementasikan metode Naive Bayes dengan teknik Laplace Correction kedalam sistem pakar sebagai metode perhitungan dalam mendiagnosa penyakit tanaman karet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perhitungan Naive Bayes dengan pembobotan nilai gejala menggunakan teknik Laplace Correction. Hasil penelitian yaitu : (i)akurasi pengujian fungsional sistem menggunakan pengujian Black-box didapatkan sebesar 100%, (ii)pengujian keakuratan evaluasi kinerja model dengan dataset menggunakan 10-fold cross validation didapatkan 91,51% dan akurasi ini dikategorikan sangat efektif, (iii)pengujian perbandingan hasil diagnosa pakar dengan hasil diagnosa sistem menggunakan 106 data uji didapatkan akurasi 99,06% dengan 105 hasil diagnosis yang sama dan 1 hasil diagnosis yang tidak sama. Kata kunci : Penyakit, Karet, Sistem Pakar, Naive Bayes, Laplace Correction, Argamakmur, Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:54
Last Modified: 01 Aug 2023 04:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13348

Actions (login required)

View Item View Item