UJI TOKSISITAS AKUT EKSTRAK ETANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens J) TERHADAP PERUBAHAN TINGKAH LAKU MENCIT (Mus musculus) YANG DIINDUKSI SECARA ORAL

SABILA, SASRA and Sari, Delia Komala and Charles, Banon (2022) UJI TOKSISITAS AKUT EKSTRAK ETANOL DAUN SUNGKAI (Peronema canescens J) TERHADAP PERUBAHAN TINGKAH LAKU MENCIT (Mus musculus) YANG DIINDUKSI SECARA ORAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Uji Toksisitas Akut Daun Sungkai.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Uji toksisitas akut merupakan uji untuk menentukan efek toksik setelah 24 jam dosis suatu senyawa diberikan. Daun sungkai merupakan daun yang banyak digunakan masyarakat pada masa pandemi covid-19 sebagai peningkat imunitas. Penggunaan daun sungkai untuk pengobatan herbal belum diketahui dosis tertingginya yang bisa menyebabkan efek toksik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efek toksik, nilai LD 50, dan perubahan tingkah laku mencit akibat ekstrak etanol daun sungkai. Penelitian dilakukan dengan membagi 30 ekor mencit ke dalam 5 kelompok perlakuan yaitu, K- sebagai kontrol negatif yang tidak diberikan sediaan uji, K1 dengan dosis 2500 mg/kgBB, K2 dengan dosis 4000 mg/kgBB, K3 dengan dosis 6400 mg/kgBB dan K4 dengan dosis 10240 mg/kgBB. Parameter yang diamati adalah nilai LD 50 dan perubahan tingkah laku yang terjadi seperti penurunan aktivitas, gerakan pernapasan, agresivitas, diare, tidur, dan kematian. Hasil penelitian yang didapatkan setelah 24 jam pemberian ekstrak etanol daun sungkai mencit tidak mengalami kematian. Mencit tidak mengalami penurunan aktivitas, gerakan pernafasan, agresivitas, tidur, dan diare pada mencit. Kesimpulan dari penelitian adalah ekstrak daun sungkai aman digunakan dalam dosis 2500-10.240 mg/kgBB. Pemberian ekstrak daun sungkai tidak menyebabkan kematian mencit sehingga nilai LD 50 bersifat semu. Pemberian ekstrak daun sungkai tidak menimbulkan perubahan tingkah laku. Kata Kunci : Toksisitas akut, LD 50, Daun Sungkai (Peronema canescens J), Mencit (Mus musculus)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:54
Last Modified: 01 Aug 2023 04:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item View Item