PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Harmaida, Mutiara and Winarni, Endang Widi and V. Karjiati, V. Karjiati (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MUTIARA HARMAIDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model siklus belajar (Learning Cycle) 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VB SD Negeri 60 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas VB SD Negeri 51 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Ujicoba instrumen dilakukan pada kelas VI SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian yang berjumlah 7 soal. Hasil perhitungan uji t-test gain skor didapatkan nilai thitung sebesar 4,16 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,01 artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model siklus belajar (Learning Cycle) 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:11
Last Modified: 17 Jul 2023 07:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13359

Actions (login required)

View Item View Item