PERBANDINGAN METODE DEMPSTER SHAFER DAN CERTAINTY FACTOR UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (STUDI KASUS: KOTA ARGAMAKMUR, BENGKULU UTARA)

Andriano, Ridho and Andreswari, Desi and Julia, Purnama Sari (2022) PERBANDINGAN METODE DEMPSTER SHAFER DAN CERTAINTY FACTOR UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (STUDI KASUS: KOTA ARGAMAKMUR, BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Laporan Skripsi Ridho Andriano [G1A015085].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kelapa sawit (Elaeis guineensis jacq) adalah tanaman yang termasuk golongan palma. Perkebunan kelapa sawit tidak luput dari serangan penyakit. Dengan demikian, dibutuhkan sebuah sistem pakar dan metode untuk membantu mendiagnosa suatu penyakit pada tanaman kelapa sawit. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (i)merancang dan membangun aplikasi sistem pakar untuk membantu proses diagnosa penyakit tanaman kelapa sawit yang tepat berdasarkan gejala yang ditunjukan, (ii)mengetahui perbandingan metode di antara metode Dempster Shafer dan Certainty Factor untuk mendiagnosa penyakit tanaman kelapa sawit dari segi efektivitas metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Dempster Shafer dan Certainty Factor. Hasil penelitian ini adalah (i)pengujian fungsional sistem dengan menggunakan pengujian Black-box didapatkan nilai 100%, (ii)pengujian perbandingan diagnosa metode dengan diagnosa pakar didapatkan nilai 80% untuk metode Dempster Shafer dan 100% untuk metode Certainty Factor, (iii)pengujian efektivitas metode dengan keyakinan pakar sebagian acuan perbandingan menggunakan teori Confusion Matrix, didapatkan nilai accuracy 93,34% untuk metode Dempster Shafer dan nilai accuracy 100% untuk metode Certainty Factor. Kata kunci: Kelapa Sawit, Sistem Pakar, Dempster Shafer, Certainty Factor, Diagnosa Penyakit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:56
Last Modified: 01 Aug 2023 04:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item