PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

Hanifah, Nida and Resnani, Resnani and Syahril, Yusuf (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NIDA HANIFAH PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama tiga dimensi terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental. Jenis desain The Matching Only Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian SDN Gugus III Kota Bengkulu terdiri dari SDN 17, SDN 57, SDN 48, SDN 23, SDN 03 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling Sampel dari penelitian ini adalah 2 rombongan belajar siswa SDN 17 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dan SDN 57 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes menulis karangan deskripsi yang diberikan melalui posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil posttest pada kelas kontrol (64,30) dan pada kelas eksperimen sebesar (72,19). Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,779lebih besar dari pada nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,018, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama tiga dimensi terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu. Kata Kunci: Media diorama tiga dimensi, menulis, karangan deskripsi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:39
Last Modified: 17 Jul 2023 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13377

Actions (login required)

View Item View Item