PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTIC (CIH) DAN NEAREST NEIGHBOR HEURISTIC (NNH) (Studi Kasus: PT Indomarco Prismatama Cabang Bengkulu)

NURHIKMAHYANTI, NURHIKMAHYANTI and Mayasari, Zulfia Memi and Rahmat, Nursalim (2022) PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTIC (CIH) DAN NEAREST NEIGHBOR HEURISTIC (NNH) (Studi Kasus: PT Indomarco Prismatama Cabang Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NURHIKMAHYANTI (F1A018051) JURUSAN MATEMATIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

PT Indomarco Prismatama Cabang Bengkulu merupakan salah satu perusahaan besar yang menyediakan layanan distribusi produk di Kota Bengkulu. Sebagai penyedia layanan distribusi produk yang sangat dibutuhkan masyarakat, sudah seharusnya PT Indomarco Prismatama Cabang Bengkulu memberikan layanan distribusi yang baik. Proses distribusi yang baik dapat diwujudkan salah satunya dengan adanya penentuan rute distribusi yang optimal, karena dapat mengurangi jarak dan waktu perjalanan yang bisa meminimumkan biaya dalam distribusi. Permasalahan mengenai penentuan rute optimal dapat dikategorikan sebagai Traveling Salesman Problem (TSP) yang bisa diselesaikan dengan algoritma Cheapest Insertion Heuristic (CIH) dan algoritma Nearest Neighbor Heuristic (NNH). Algoritma CIH dan NNH digunakan untuk memperoleh jarak optimal distribusi produk dari gudang PT Indomarco Prismatama Cabang Bengkulu ke 19 gerai Indomaret terpilih di Kota Bengkulu. Rute optimal menggunakan algoritma CIH dicari dengan melakukan penyisipan terhadap tempat yang dikunjungi dan menghitung jarak yang ditempuh, hasilnya didapatkan total jarak distribusi optimalnya sebesar 53,55 kilometer. Rute optimal menggunakan algoritma NNH dicari dengan memulai titik awal perjalanan dilanjutkan dengan menentukan titik terdekat untuk tujuan titik berikutnya, hasilnya didapatkan total jarak distribusi optimalnya sebesar 56,35 kilometer. Kata Kunci: Layanan Distribusi, Distribusi, Rute Optimal, Traveling Salesman Problem (TSP), Cheapest Insertion Heuristic (CIH), Nearest Neighbor Heuristic (NNH), PT Indomarco Prismatama Cabang Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:00
Last Modified: 01 Aug 2023 05:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13378

Actions (login required)

View Item View Item