PERBANDINGAN METODE CONTRAST STRETCHING DAN CONTRAST LIMITED ADAPTIVE HISTOGRAM EQUALIZATIOON DALAM PERBAIKAN KUALITAS CITRA PENGINDERAAN JAUH (REMOTE SENSING)

Firanza, Rexy and Vatresia, Arie and Ferzha, Putra Utama (2022) PERBANDINGAN METODE CONTRAST STRETCHING DAN CONTRAST LIMITED ADAPTIVE HISTOGRAM EQUALIZATIOON DALAM PERBAIKAN KUALITAS CITRA PENGINDERAAN JAUH (REMOTE SENSING). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Laporan Skripsi Rexy Firanza G1A015071.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penginderaan jauh merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan objek hasil perekaman tanpa kontak langsung dengan objek tersebut yang biasanya hasil citra terkadang memiliki kualitas yang rendah akibat beberapa faktor. Pengambilan data citra penginderaan jauh pada penelitian ini akan menggunakan aplikasi SAS_PLANET. Oleh karena itu, digunakan metode Contrast Stretching dan Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization untuk memperbaiki kualitas citra penginderaan jauh. Pada penelitian ini akan membandingan kedua metode tersebut dengan menggunakan citra greyscale. Penelitian ini akan mengukur nilai peningkatan kualitas citra berdasarkan nilai MSE dan PSNR. Metode Contrast Stretching masih memiliki nilai PSNR di bawah 30 dB, sedangkan metode Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization berhasil memperbaiki 5 dari 15 data citra uji dengan nilai PSNR di atas 30 dB. Hasil penelitian ini menandakan bahwa metode Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization lebih baik dibandingkan dengan metode Contrast Stretching dalam perbaikan kualitas citra digital. Karena citra dengan nilai MSE yang mendekati 0 (nol) dan nilai PSNR di atas 30 dB yang dapat dinyatakan mengalami peningkatan kualitas citra. Namun secara kualitas visual kedua metode berhasil untuk memperbaiki kualitas citra penginderaan jauh. Kata kunci: Penginderaan jauh, Enhancement, Contrast Stretching, Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 05:00
Last Modified: 01 Aug 2023 05:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13381

Actions (login required)

View Item View Item