ANALISA PERBANDINGAN METODE CASE BASE REASONING (CBR) DAN CERTAINTY FACTOR (CF) PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA PENGGANGGU DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PADI (STUDI KASUS: KOTA BENGKULU)

Irwanda, Syofian and Andreswari, Desi and Julia, Purnama Sari (2022) ANALISA PERBANDINGAN METODE CASE BASE REASONING (CBR) DAN CERTAINTY FACTOR (CF) PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA PENGGANGGU DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PADI (STUDI KASUS: KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Laporan skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Padi merupakan salah satu tanaman pangan yang sangat penting di dunia setelah gandum dan jagung. Padi dikonsumsi sebagai makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia terutama Asia sampai dengan sekarang. Akan tetapi padi juga tidak luput dari serangan hama maupun penyakit. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengidentifikasi hama dan penyakit pada tanaman padi yaitu sistem pakar. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeteksi hama dan penyakit yang mengganggu kualitas maupun kuantitas dari tanaman padi, dengan membandingkan metode Case Base Reasoning dan Certainty Factor, yang diimplementasikan kedalam sistem. Hasil dari penelitian ini berdasarkan pengujian fungsional sistem melalui Black Box Testing didapatkan akurasi 100%, selain itu berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan 48 data uji dan 48 data latih diperoleh 43 kesamaan pada metode Case Base Reasoning dan 40 kesamaan pada metode Certainty Factor. Pada pengujian efektivitas menggunakan confusion matrix didapatkan bahwa, metode Case Base Reasoning lebih unggul dari pada metode Certainty Factor, dengan akurasi yang didapatkan pada metode Case Base Reasoning sebesar 89,40% dan Certainty Factor sebesar 83,48%. Kata kunci : Sistem Pakar, Padi, Hama dan Penyakit Padi, Metode Case Base Reasoning, Metode Certainty Factor.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:57
Last Modified: 01 Aug 2023 04:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13383

Actions (login required)

View Item View Item