HUBUNGAN PENERAPAN MODEL REGULER PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SD NEGERI 0 1 KOTA BENGKULU

Ashar, Noti and Lukman, Lukman and Nani, Yuliantini (2018) HUBUNGAN PENERAPAN MODEL REGULER PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SD NEGERI 0 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan model reguler pendidikan kepramukaan (X) dengan hasil belajar kognitif siswa (Y) pada SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 41 Siswa anggota pramuka yang mengikuti model reguler teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, rekapitulasi nilai ulangan mingguan dalam aspek kognitif dan dokementasi. Instrumen penelitian diuji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Sedangkan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus “Korelasi Product Moment”. Teknik ini digunakan untuk mengetahui signifikasi hubungan variabel bebas dan variabel terikat dengan membandingkat rhitung dengan rtabel dengan taraf signifikan 5%. berdasarkan hasil analisis data yang diproleh nilai rhitung = > 0,698 rtabel = 0,308 yang artinya terdapat hubungan penerepan model reguler pendidikan kepramukaan dengan hasil belajar kognitif siswa dengan interpretasi sangat kuat. Selanjutnya, dari hasil uji signifikasi diperoleh thitung 6,087 ≥ ttabel = 1,664 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antar variabel, dengan konstribusi sebesar 48,72% antara penerapan model reguler pendidikan kepramukaan dengan hasil belajar kognitif siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Kota Bengkulu. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dimana terdapat hubungan penerapan model reguler pendidikan kepramukaan dengan hasil belajar kognitif pada Sekolah Dasar Negeri 01 Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Reguler, Pendidikan Kepramukaan, Hasil Belajar Kognitif Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:58
Last Modified: 17 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item