STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA SENI CETAK TIMBUL MELALUI PEMANFAATAN BAHAN ALAM PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS II B SD NEGERI 07 KOTA BENGKULU

Ningrum, Novia Ambar and Hasnawati, Hasnawati and Dalifa, Dalifa (2018) STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA SENI CETAK TIMBUL MELALUI PEMANFAATAN BAHAN ALAM PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS II B SD NEGERI 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan hasil karya seni cetak timbul melalui pemanfaatan bahan alam pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas II B SD Negeri 07 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik observasi partisipan. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II B SD Negeri 07 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian adalah human instrument, dengan menggunakan pedoman obsevasi dan pedoman wawancara. Tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data proses pembuatan karya dilakukan dengan menelaah data kemudian direduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Analisis data hasil karya dibahas dengan melihat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa. Hasil penelitian yaitu (1) Proses pembuatan enam karya seni cetak timbul menggunakan bahan alam diawali dengan diskusi menentukan tema yang akan dipilih dalam pembuatan karya. Dilanjutkan dengan mempersiapkan alat dan bahan seperti kentang, wortel, belimbing, ubi, pelepah pisang, cat air, kuas, dan kertas A3. Selanjutnya mengoleskan cat pada alat acuan, dan mencapkan alat acuan pada kertas. (2) Enam hasil Karya seni cetak timbul menggunakan bahan alam yang dibuat siswa telah memuat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa. Diantaranya memuat unsur bidang dan bidang. Hasil pengecapan dari alat acuan pada karya sudah memenuhi prinsip-prinsip seni rupa yaitu prinsip kesatuan, proporsi, penekanan dan keselarasan. Kata kunci : Karya Seni Rupa, Cetak Timbul, Bahan Alam, SBK.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:00
Last Modified: 17 Jul 2023 08:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13387

Actions (login required)

View Item View Item