PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS III SDN 101 KOTABENGKULU

Wulandari, Novita and Yusuf, Syahril and Abdul, Muktadir (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS III SDN 101 KOTABENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NOVITA WULANDARI (A1G014077).pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa terpengaruh oleh penerapan media puzzle. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu siswa kelas III B di SDN 101 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas III A di SDN 101 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar dengan bentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t (independent sample t-test). Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji t didapatkan thitung sebesar 4,26 dan nilai ttabelsebesar 1,678. Secara sistematis terlihat thitung 4,26>ttabel 1,678 pada taraf signifikan 5%, maka terdapat pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelasIII SDN 101 Kota Bengkulu. Presentase peningkatan hasil pretest dan posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 40,45%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 30,58%. Artinya pembelajaran dengan menerapkan media puzzle dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci : Media Puzzle, hasil belajar, PKn.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:04
Last Modified: 17 Jul 2023 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13390

Actions (login required)

View Item View Item