PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATAPELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Rahmawati, Nurul Lifa and Juarsa, Osa and Abdul, Muktadir (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATAPELAJARAN PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi nurul l.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture dengan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B yang terdiri atas 37 orang siswa pada masing-masing kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif. Untuk menganalis data digunakan rumus t-hitung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 2,34 sedangkan nilai t-tabel = 1,667. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pictures and pictures dan examples non examples. Nilai rata-rata siswa kelas IV-A yang diajarkan dengan menggunakan model pictures and picturessebesar 68,22 dan nilai rata-rata siswa kelas IV-B yang diajarkan dengan menggunakan amples non examples yaitu 59,03. Kata kunci: Examples non Examples, Picture and Picture dan hasil belajar PKn.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:13
Last Modified: 17 Jul 2023 08:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13396

Actions (login required)

View Item View Item