EVALUASI PENERAPAN APLIKASI EPERPUS PROV BENGKULU MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS: DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI BENGKULU)

Jannah, Roudatul and Efendi, Rusdi and Susilo, Boko (2022) EVALUASI PENERAPAN APLIKASI EPERPUS PROV BENGKULU MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS: DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI - Roudatul Jannah G1F018025.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ePerpus Prov Bengkulu merupakan sebuah aplikasi perpustakaan digital milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, aplikasi ini memiliki ribuan buku elektronik yang dapat dibaca oleh pemustaka. Selama penerapan aplikasi ePerpus Prov Bengkulu pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, belum ada penelitian yang mengevaluasi penerapan ePerpus Prov Bengkulu berdasarkan tingkat penerimaan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat penerimaan aplikasi ePerpus Prov Bengkulu menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan dua variabel yaitu persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan, sedangkan untuk menilai tingkat kepuasan pengguna menggunakan End-User Computing Satisfaction (EUCS) dengan lima variabel yaitu isi, keakuratan, tampilan, kemudahan penggunaan, dan kecepatan. Evaluasi penerapan aplikasi ePerpus Prov Bengkulu menggunakan TAM dan EUCS dengan 7 variabel menghasilkan 7 hipotesis, dimana terdapat 2 hipotesis tingkat penerimaan, dan 5 hipotesis kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan terdapat 1 hipotesis yang ditolak yaitu hubungan persepsi kemudahan penggunaan dengan penerimaan, dan hipotesis yang diterima yaitu hubungan persepsi kemanfaatan dengan penerimaan. Sedangkan seluruh hipotesis yang diajukan pada kepuasan pengguna diterima yaitu pada hubungan isi dengan kepuasan pengguna, hubungan keakuratan dengan kepuasan pengguna, hubungan tampilan dengan kepuasan pengguna, hubungan kemudahan penggunaan dengan kepuasan pengguna, dan hubungan kecepatan dengan kepuasan pengguna. Kata kunci: Evaluasi Penerapan, Penerimaan, Kepuasan Pengguna, ePerpus Prov Bengkulu, Technology Acceptance Model (TAM), End-User Computing Satisfaction (EUCS)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:05
Last Modified: 01 Aug 2023 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item View Item