IMPLEMENTASI METODE MOORA DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) (STUDI KASUS : KECAMATAN RIMBO PENGADANG)

Sari, Miranti Nopita and Efendi, Rusdi and Erlansari, Aan (2022) IMPLEMENTASI METODE MOORA DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) (STUDI KASUS : KECAMATAN RIMBO PENGADANG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Miranti Nopita Sari G1A015086.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Program keluarga harapan adalah suatu program pemerintah yang memberi bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga sangat miskin yang memenuhi persyaratan yang telah di tentukan oleh Kementerian Sosial. Saaat ini di Kecamatan Rimbo Pengadang belum ada sebuah sistem yang dapat menentukan siapa saja yang lebih layak yang telah terdaftar untuk menerima program keluarga harapan. Dengan demikian di butuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan kelayakan setiap warga yang telah mendaftar. Tujuan dari penelitian ini adalah Membangun Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan penerima Program Keluarga Harapan menggunakan metode MOORA kemudian Menerapakan metode MOORA untuk dapat mengolah kriteria dalam menentukan kelayakan penerima PKH sehingga menghasilkan Nilai dari perhitungan metode MOORA dan menghasilkan peranking untuk menentukan siapa yang layak menerima Program Keluarga Harapan. Metode yang di gunakan adalah Metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis ( MOORA). Pengujian pada penelitian ini menggunakan pengujian Black-box di dapatkan nilai 100%, pengujian kelayakan sistem dengan perhitungan manual di dapatkan nilai akurasi 100%. Kata kunci : Black-box, MOORA, Program keluarga harapan, Sistem pendukung keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:05
Last Modified: 01 Aug 2023 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13403

Actions (login required)

View Item View Item