PENGARUH PERBANDINGAN WORTEL (Daucus carota L.) DAN TOMAT (Lyopercisum exculentum) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK VELVA DENGAN PENAMBAHAN SARI KALAMANSI (Citrus microcarpa)

Heni, Purnamasari and Devi, Silsia and Laili, Susanti (2022) PENGARUH PERBANDINGAN WORTEL (Daucus carota L.) DAN TOMAT (Lyopercisum exculentum) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA, DAN ORGANOLEPTIK VELVA DENGAN PENAMBAHAN SARI KALAMANSI (Citrus microcarpa). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
skripsi Heni Purnamasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan wortel dan tomat sebagai produk olahan dapat meninggakatan nilai tambah dan nilai gizi. Pembuatan velva dengan bahan baku wortel (Daucus carota L.) dan tomat (Lyopercisum exculentum) serta jeruk kalamansi (Citrus microcarpa). Tujuan penelitian ini adalah menentukan karakteristik fisik, kimia, dan sensori velva wortel yang dicampur tomata pada berbagai rasio, dan penerimaan organoleptik velva. peningkatan varian dari wortel dan tomat Rancangana penelitian menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian pembuatan velva dengan penambahan wortel, tomat, dan sari kalamansi ini disususn dengan satu faktor yaitu rasio wortel dan tomat serta sari kalamanasi. Masiang- masing rasio perlakuan dilakukan 3 kali pengulangan sehingga jumlah percobaan sebanyak 15 unit, dengan parameter fisik meliputi overrun, lama pelelehan, dan kadar air. Parameter kimia meliputi total padatan terlarut sedangkan parameter organoleptik meliputi warna, aroma, tekstur, rasa, dan penerimaan keseluruahan (overall). Proses pembuataan velva dilakukan dengan penghancuran wortel dan tomat serta pemerasan jeruk kalamansi, pencampuran semua bahan adonan, pemixeran adonan, pencetakan ke dalam cup, dan pembekuana selama 24 jam pada suhu -180C. Hasil penelitian menunjukan bahwa velva wortel dan tomat dengan penambahan sari kalamansi berpengaruh tidak nyata terhadap kadar air dan total padatan. Akan tetapi velva wortel dan tomat dengan penambahan sari kalamansi berpengaruh nyata terhadap overrun dan lama pelelehan. Parameter organoleptik warna, aroma, tekstur, rasa dan overall menunjukan bahwa nilai semuanya asymp.sig < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain ada perbedaan rata-rata tingkat kesukaan terhadap ke-5 perlakuan penambahan bubur wortel dan bubur tomat pada velva

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:35
Last Modified: 17 Jul 2023 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13407

Actions (login required)

View Item View Item