POTENSI DAERAH RAWAN LONGSOR MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI DESA TALANG RATU–KECAMATAN RIMBO PENGADANG KABUPATEN LEBONG

SINAGA, SINTA RIANI and Farid, M and Arif, Ismul Hadi (2022) POTENSI DAERAH RAWAN LONGSOR MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI DESA TALANG RATU–KECAMATAN RIMBO PENGADANG KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
F1C018029_Sinta Riani Sinaga.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tanah longsor merupakan salah satu jenis bencana alam yang sering terjadi di Provinsi Bengkulu salah satunya di Kabupaten Lebong. Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang merupakan salah satu desa yang rawan terjadi tanah longsor karena banyaknya tebing di tepi jalan raya dan berada dekat permukiman warga. Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang ini merupakan jalur lintas penghubung antara Kabupaten Lebong dengan Kabupaten Rejang Lebong. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan membuat peta daerah rawan longsor di Desa Talang Ratu berdasarkan nilai kemiringan lereng, GSS, PGA permukaan, kecepatan gelombang geser hingga kedalamanan 30 meter (Vs30), curah hujan dan jarak sesar yang di overlay menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Pengambilan data dilakukan menggunakan Seismometer Periode Pendek 3 komponen dengan jumlah data sebanyak 30 titik. Hasil dari penelitian ini adalah peta kerawanan tanah longsor dibagi menjadi tiga kelas kerawanan yaitu kelas tinggi, kelas sedang dan kelas rendah. Hasil yang diperoleh menujukkan bahwa titik penelitian yang memiliki potensi longsor tinggi berada pada titik (T5, T8, T9, T10, T11, T12, T13, T24, T28 dan T29). Titik-titik penelitian dengan potensi longsor tinggi harus lebih diwaspadai terhadap ancaman longsor, terutama yang berada di permukiman padat penduduk. Kata Kunci : Daerah rawan longsor, Metode Simple Additive Weighting (SAW), Desa Talang Ratu, Lebong.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:08
Last Modified: 01 Aug 2023 08:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13411

Actions (login required)

View Item View Item