INVESTIGASI POTENSI AIR TANAH DALAM BERDASARKAN DATA GEOLISTRIK TAHANAN JENIS DI AREA RENCANA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS BENGKULU

PAHLEVI, REZA and Hadi, Arif Ismul and Budi, Harlianto (2022) INVESTIGASI POTENSI AIR TANAH DALAM BERDASARKAN DATA GEOLISTRIK TAHANAN JENIS DI AREA RENCANA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FULL DRAFT SKRIPSI Reza Pahlevi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian menggunakan metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi Schlumberger yang bertujuan untuk investigasi potensi air tanah dalam. Pengukuran ini menggunakan alat Geolistrik Resistivity dan IP M MAE X612-EM dengan metode Vertical Electrical Sounding (VES) yang dilakukan pada 4 lintasan dengan 16 titik sounding di area rencana pembangunan Rumah Sakit Universitas Bengkulu dengan panjang bentangan 120 m, dari setiap sounding memiliki jarak 20 m. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan 4 buah elektroda dengan 2 elektroda potensial disisi kiri dan kanan dekat main unit dan 2 elektroda arus di ujung kiri dan kanan dari main unit. Data yang didapatkan dari penelitian ini diolah menggunakan Software Progress 3.0 untuk mendapatkan tahanan jenis Resistivity Log secara 1D dan Software Voxler4 untuk pemodelan secara 3D. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa potensi air tanah dalam yang paling banyak berada di titik sounding 1, 5, 6, 7, 8, 11, 14, 15, 16 sebagai lapisan pembawa air (akuifer). Air tanah dalam menyebar dari titik sounding 1 lintasan ke-2, titik sounding 16 lintasan ke-1, titik sounding 12 lintasan ke-3 dan titik sounding 5, 6, 7, 8 lintasan ke-4. Pada titik sounding 3, 4, 12, 13, 15 merupakan lapisan batuan yang mempunyai nilai resistivitas tinggi (100-1100 Ωm). Lapisan ini kurang mempunyai sifat sebagai lapisan pembawa air (akuifer). Sedangkan pada sounding 2, 9, 10 terdapat air payau dan tidak disarankan untuk dikonsumsi. Kata Kunci : Resistivitas, VES , Schlumberger dan Universitas Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:08
Last Modified: 01 Aug 2023 08:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13413

Actions (login required)

View Item View Item