KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENGGUNAAN FILLER DARI IMPRABOARD (Polypropilene Board) DENGAN PENAMBAHAN FILLER SERAT MENSIANG (Actinoscirpus Grossus) DAN SERAT SABUT KELAPA (Cocos Nucifera) TERHADAP EFEKTIVITAS COOLING TOWER

Nugraha, Iqbal and Puspawan, Angky and Hestiawan, Hendri (2022) KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENGGUNAAN FILLER DARI IMPRABOARD (Polypropilene Board) DENGAN PENAMBAHAN FILLER SERAT MENSIANG (Actinoscirpus Grossus) DAN SERAT SABUT KELAPA (Cocos Nucifera) TERHADAP EFEKTIVITAS COOLING TOWER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI iqbal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Cooling tower digunakan untuk mendinginkan air dalam jumlah besar di berbagai industri seperti industri kimia, pembangkit listrik termal, pembangkit listrik tenaga nuklir dan industri minyak bumi. Dalam sistem cooling tower sendiri terdapat komponen yang sangat penting, berupa bahan pengisi (fill) yang berfungsi sebagai pemecah air yang dijatuhkan dari atas yang berbentuk butiran�butiran tetes air, kemudian jatuh mengenai bahan pengisi (fill) yang bermaksud memperluas permukaan pendinginan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh filler dari Impraboard (Polypropylene Board) sudut 90º, 80º dan 70º tanpa menggunakan filler tambahan dan dengan menggunakan filler tambahan serat mensiang dan serat sabut kelapa terhadap efektivitas cooling tower. Pada penelitian ini bahan pengisi yang digunakan adalah filler Impraboard sudut 90°, 80° dan 70° dengan menggunakan filler tambahan serat mensiang dan serat sabut kelapa yang dipasang dengan posisi melintang, miring dan anyam. Temperatur air yang masuk pada cooling tower yaitu 50°c dan dengan debit 18 liter/menit. Berdasarkan variasi sudut filler Impraboard dengan menggunakan filler tambahan serat mensiang dan serat sabut kelapa posisi didapatkan efektivitas Cooling Tower tertinggi yaitu 52 % pada filler Impraboard sudut 70º menggunakan filler serat mensiang dan serat sabut kelapa yang dianyam, sedangkan efektivitas yang terendah yaitu 35,45 % pada fiiler Impraboard sudut 90º menggunakan filler serat mensiang dan serat sabut kelapa posisi melintang. Kata kunci : Cooling Tower, Filler Impraboard, Serat Mensiang, Serat Sabut Kelapa, Efektifitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:09
Last Modified: 01 Aug 2023 08:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13421

Actions (login required)

View Item View Item