PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAIANAN TEKA�TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU

Aryanti, Renita and Yuliantini, Nani and Pebrian, Tarmizi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAIANAN TEKA�TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RENITA ARYANTI(A1G014084).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media teka-teki silangi terhadap kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas II SDN 68 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sekolah dasar negeri di Kota Bengkulu yang berakreditasi A dan menggunakan kurikulum KTSP. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling . Sampel yang diperoleh adalah Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu dengan jumlah sampel terdiri dari kelas II A berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas II B yang berjumlah 34 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Instrumen penelitian ini diberikan sebanyak dua kali pada pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung) pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu uji-z (mann whitney u test). Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-z dengan yaitu zhitung sebesar 3,01 dan nilai ztabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,96. Jadi dengan zhitung (3,01) > ztabel (1,96). Nilai zhitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ztabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media permaianan teka-teki silang terhadap kemampuan penguasan siswa kelas II di SDN 68 kota Bengkulu. Kata kunci: Media, Teka-teki Silang, Penguasaan Kosakata.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:38
Last Modified: 18 Jul 2023 01:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13427

Actions (login required)

View Item View Item